Jumat, 09 November 2012

sejarah kain batik

Kain Batik— Kain batik Indonesia tidak diketahui secara pasti dari mana asalnya. Namun, kalau kita tilik dari segi sejarah, kain batik dominan dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu yang dapat kita buktikan pada adanya Candi Prambanan. Selain itu juga , motif kain batik juga dapat kita lihat dari pakaian maupun ornamen-ornamen peninggalan sejarah dari Mesir dan Timur Tengah sekitar 1500 tahun silam.
Kain batik berasal dari singkatan banyak titik. Mengapa demikian? Karena kain batik awal mulanya memiliki corak yang banyak titik-titik. Kain batik berkembang di Indonesia sejak abad ke-19 dan menjadi salah satu kehidupan kebudayaan orang Jawa.
Pada zaman dahulu, batik hanya dipakai oleh kalangan bangsawan keraton atau orang yang berada saja. Dan dipakai pada saat acara-acara tertentu yang di setiap acara memiliki corak kain batik yang berbeda-beda motifnya. Batik identik dengan kecantikan seorang wanita. Karena pada masa itu kerajaan di Jawa mengukur kecantikan seorang wanita dari kepandaiannya dalam membuat batik dengan menggunakan canting. Canting ialah alat untuk menulis pada kain batik dengan menggunakan bahan dasar lilin.
Selain itu, batik juga dipakai saat acara tradisional, misalnya saat pergelaran wayang kulit. Seorang dalang, tak hanya memainkan para wayangnya saja namun ia wajib mengenakan baju batik sebagai hal yang tak dapat dipisahkan dari pergelaran. Baju batik yang dikenakan ialah jarik. Jarik merupakan selembar kain dengan penggunaannya diikatkan mengelilingi pinggang dan diikat dengan setagen.
Sekarang, kain batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia dan diakui dunia yang memiliki nilai histori yang tinggi. Jangan sampai generasi muda Indonesia tidak mencintai budaya sendiri dan musnah ditelan zaman. Maka dari itu, didiklah anak cucu kita untuk mencintai negara sendiri dan kebudayaan Indonesia agar Indonesia tetap jaya dan diakui dunia.
Demikianlah penjelasan artikel kami mengenai Sejarah Kain Batik Indonesia. Walaupun artikel ini hanya segelintir informasi namun kami mengharapkan dapat memberikan segudang pengetahuan anda mengenai Sejarah Kain Batik Indonesia. Terima kasih sudah berpartisipasi dengan batik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar