Jumat, 09 November 2012

keaneka ragam motif batik indonesia

Motif Batik Gadhung Mlathi – Gadhung yang berarti hijau. Hijau melambangkan kemakmuran sedangkan Mlathi merupakan bunga melati yang identik dengan rasa susila.  Motif ini biasanya digunakan pada busana pengantin. Saat ini, motif ini sulit sekali ditemukan pada kain atau jarik. Motif Batik Gadhung Mlathi lebih sering dijumpai pada kemben mempelai wanita dan si prianya pada ikatan kepala.
Motif Batik Tambal – Motif Tambal merupakan gabungan dari beberapa motif batik, seperti motif parang, motif meru, motif ceplok, dan lain-lain. Makna filosofi dari motif Tambal ini ialah manusia dituntut agar memperbaiki dirinya untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Ada sebuah kepercayaan dari nenek moyang kita, jika orang sakit berselimutkan kain batik motif ini maka ia akan sembuh.
Motif Batik Sekar Jagad – Motif Sekar Sejagad desainnya sama dengan desain motif Tambal. Namun yang membedakannya dengan motif Tambal ialah pada batik ini desainnya dihiasi beraneka ragam bunga dan flora lainnya.
Motif Batik Alam – Kalau kita amati sekeliling kita, motif buah, bunga, dedaunan, serta biji-bijian akan sering sekali kita jumpai. Ini membuktikan bahwasanya alam sangat kuat berpengaruh motif batik Indonesia.
Motif Batik Kawung – Motif ini terinspirasi dari pelepah daun pohon kolang kaling. Orang Jawa meyakini bahwa biji kawung sebagai lambang kesuburan sedangkan bagi raja dan keluarganya, diyakini sebagai keadilan dan keperkasaan. Motif kawung ialah empat biji aren/kawung yang di tata secara geometris. Variasi dari motif kawung itu sendiri, yaitu sidomukti, truntum, dan ceplok. Biasanya motif ini terdapat di batik pedalaman seperti batik Solo dan batik Yogya.
Motif Batik Sidomukti – Sidomukti berasal dari dua kata, yaitu sido dan mukti. Sido yang berarti terus menerus sedangkan mukti berarti hidup berkecukupan dan bahagia. Motif Batik Sidomukti merupakan kain yang digunakan oleh pasangan pengantin saat upacara pernikahan. Nama lain dari kain sidomukti ialah kain sawitan atau sepasang.
Demikianlah tadi kami memberikan segelintir informasi bagi anda. semoga ini bermanfaat untuk anda yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar